Tips Menjadi Broker Rumah Lengkap

Jurnalharian.id – Industri broker properti ikut terpapar imbas melambatnya perkembangan ekonomi dalam negeri. Pasalnya, ketika ini minat konsumen untuk melakukan pembelian rumah atau apartemen menjadi keperluan kedua, setelah keperluan pangan dan sandang terpenuhi.

Berdasarkan keterangan dari Lukas Bong, Dewan Kehormatan DPD DKI Jakarta, ketika ini terjadi penurunan bisnis broker properti sebesar 10 persen, dan penurunan itu terjadi pada sektor lokasi tinggal dan apartemen. “Saya khawatir andai kondisi ini dilangsungkan lama, bakal membuat tidak sedikit kantor agent gulung tikar,” katanya. Namun tidak boleh panik, untuk Anda yang ketika ini yang berprofesi sebagai broker properti, Lukas Bong mempunyai tips unik bagaimana menjadi broker handal di tengah situasi krisis.

Jadi Konsultan Dan Broker Sekaligus

Lucas mengatakan, ketika menjalankan profesi broker, jangan melulu menjadi penghubung antar penjaja dan pembeli, tetapi seorang broker pun dituntut mesti professional, memiliki tidak sedikit pengetahuan mengenai properti, mulai dari hal legalitas sampai analisa investasi. “Seorang broker pun harus menjadi konsultan untuk clientnya, bila sudah begitu nantinya client bakal menjadi paling nyaman dengan broker tersebut, sampai-sampai ia akan tidak jarang kali dibutuhkan,” kata Lucas

Memberikan Harga Realistis

Ekonomi ketika ini sedang sulit, untuk tersebut menurut keterangan dari Lucas seorang broker mesti pintar menggali client, metodenya dengan menyerahkan harga yang realistis untuk pencari properti. Jadi seorang broker mesti dapat menyampaikan untuk penjual properti berapa pasaran harga properti di wilayah tersebut, tidak boleh sampai terlampau mahal bila memungkinkan pasang harga dibawah rata-rata tetapi tetap wajar. “Sebenarnya minat untuk melakukan pembelian properti masih banyak, namun pasar masih wait end see menyaksikan perkembangan ekonomi, jadi bila mereka dipancing dengan harga di bawah rata-rata tentu akan berminat,” ujar Lucas.

Berfokus Diri

Fokus menjadi di antara kunci utama kesuksesan broker properti, untuk tersebut Lucas menganjurkan seorang broker supaya bisa konsentrasi menjalankan profesinya. Jangan sampai kegiatan ini dijadikan profesi sambilan.

Baca Juga : Panduan Bayar PBB Lewat ATM

Bergabung Dengan Asosiasi Broker Hal ini sangatlah penting, sebab dengan bergabung dengan asosiasi broker bakal mendapatkan keuntungan. Contohnya laksana mendapatkan informasi teranyar seputar industri properti, link baru, atau mengikuti sekian banyak pelatihan broker.

Menggunakan Website Properti

Salah satu instrumen terpenting berjualan properti ialah menggunakan jasa portal properti. Berdasarkan keterangan dari Lucas, memasarkan properti memakai media online ketika ini dinilai paling efektif, pasalnya pemakai internet di Indonesia kini sudah paling banyak, lagipula jangkauan internet dinilai paling luas bertolak belakang dengan ciri khas surat kabar yang penyebarannya sangat