Tips Aman Rumah Saat Mudik

Jurnalharian.id – Masyarakat diminta berhati-hati menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pasalnya menjelang Lebaran angka kriminalitas malah akan semakin meningkat. Hal ini diakibatkan karena keperluan seseorang semakin tinggi saat menjelang hari raya, sehingga menciptakan seseorang semakin nekat mengerjakan hal-hal yang melanggar hukum.

Begitu juga untuk Anda yang hendak melakukan perjalanan mudik, dianjurkan untuk tidak jarang kali waspada sebab ketika mudik Anda mesti meninggalkan Rumah. Nah, supaya rumah kita terhindar dari tindak pencurian, inilah ini ialah tips aman meninggalkan lokasi tinggal saat mudik:

Kunci Semua Pintu dan Jendala – Sebelum mengerjakan perjalanan mudik, pastikan guna mengunci seluruh pintu, jendela dan pagar rumah. Dan tidak boleh pernah menempatkan kunci itu di lokasi dimana seseorang dengan gampang mendapatkannya, laksana dibawah keset, dibawah pot atau juga kusen pintu.

Matikan Semua Listrik dan Gas – Cabut seluruh listrik dan gas untuk menangkal terjadinya kebakaran, dengan menarik keluar semua listrik dan lampu juga dapat meminimalisir tagihan listrik.┬áJangan tak sempat untuk menarik keluar selang regulator dan tabung gas supaya terhindar dari kebocoran gas.

Matikan PAM – Sebaiknya Anda pun mematikan drainase utama PAM dan keran air, urusan ini sengaja dilaksanakan untuk menghidari kebocoran air dan membengkaknya tagihan air.

Nyalakan Lampu – Salah satu ciri lokasi tinggal kosong ialah kondisinya yang tidak jarang kali gelap kendati di malam hari, untuk tersebut usahakan Anda mengobarkan lampu terutama di malam hari, mohon lah tetangga lokasi tinggal untuk mengobarkan lampu minimal di unsur rumah.

Baca Juga : Tips Menentukan Harga Sewa Rumah Ideal

Titip ke Tetanga Terdekat – Agar aman, kita juga dapat menitipkan lokasi tinggal Anda untuk tetangga terdekat, ketika berkeinginan melakukan perjalanan mudik berpamitan terlebih dahulu untuk ketua RT atau pihak ketenteraman rumah, urusan itu dilakukan supaya mereka dapat melakukan pengaman tambahan lebih. Jangan lupa pun untuk menyerahkan nomor telpon Anda untuk mereka, supaya bisa dihubungi saat ada sesuatu yang darurat.

Titip Binatang Peliharaan – Bagi kita yang memiliki hewan peliharaan, usahakan menitipkan hewan kesayangan kita di lokasi penitipan binatang supaya kehatan mereka dapat terjaga dengan baik.

Pasang CCTV – Guna meyakinkan lokasi tinggal Anda tetap aman, kita juga dapat memasang CCTV di dekat rumah, ketika ini sudah tidak sedikit dipasaran dipasarkan CCTV yang dapat langsung terkoneksi melewati smartphone. Jadi Anda dapat tetap memantau situasi rumah walaupun sedang di kampong halaman.