THR Cocok Buat Mudik Gak Ya?

Jurnalharian.id – Bulan puasa sudah mulai dan para umat muslim sedang menjalankan puasa hingga 1 bulan ke depan. Tidak hanya itu, para umat muslim pun sedang menantikan THR alias Tunjangan Hari Raya.

Para umat muslim yang sudah menjalankan puasa biasanya akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama dengan keluarga tercinta. Nah yang sering ditanyakan adalah apakah THR cocok buat mudik? Yuk simak pakar perencanaan keuangan Eko Endarto mengatakan seperti apa.

Menurutnya, THR tidak dapat digunakan untuk kebutuhan mudik. Alasannya adalah dana tersebut tidak cukup untuk mengakomodir kebutuhan mudik. Hal tersebut juga belum lagi jika kampung halaman yang dituju lokasinya sangatlah jauh, maka dibutuhkan biaya yang ekstra.

Maka dari itu Eko Endarto menyarankan untuk tidak menggunakan THR sebagai biaya untuk Mudik. Lebih disarankan untuk menggunakan uang hasil tabungan ketika hendak mudik karena telah ditabung dari jauh-jauh hari. Menurutnya lebaran itu setahun sekali. Jadi tentunya sudah ada tabungan yang terbentuk ketika lewat lebaran pada setiap tahunnya.

Banyak sekali tentu ada yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, dan ada juga yang menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta api, atau bus. Ini tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit apalagi bila berpergian dengan menggunakan transportasi pesawat terbang. Belum lagi harga tiket pesawat yang terus melonjak tinggi.