Panduan Mengajukan AJB Tanpa Calo Lengkap

Jurnalharian.id – Ada tidak sedikit hal yang mesti diacuhkan ketika melakukan pembelian rumah, salah satunya ialah mengetahui hal legalitas. Nah, di antara dokumen yang wajib dipunyai ketika melakukan pembelian rumah ialah membuat AJB (Akta Jual Beli).

Akta Jual Beli ialah dokumen bukti atas terjadinya transaksi jual beli antara penjual untuk pembeli properti. Proses penciptaan dokumen AJB dilaksanakan oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dan mesti mempunyai sifat terang dan telah ditunaikan lunas. Nah, untuk Anda yang ketika ini hendak membuat AJB inilah ini ialah beberapa tips dan ongkos membuat AJB :

Syarat Membuat AJB Sebelum menciptakan AJB, diharuskan Anda mesti menyediakan sejumlah dokumen laksana di bawah ini:

Dokumen yang mesti disiapkan penjual adalah :

Fotokopi KTP
Fotokopi surat nikah (jika telah menikah)
Fotokopi KK
Sertifikat tanah Asli
PBB terakhir
Fotokopi NPWP

Dokumen yang mesti disiapkan pembeli :

Fotokopi KTP
Fotokopi KK
Fotokopi surat Nikah (jika telah menikah)
Fotokopi NPWP
Proses Membuat AJB

Datang ke kantor Notaris/PPAT Langkah kesatu yang mesti dilaksanakan untuk menciptakan AJB. Datang ke kantor PPAT di distrik dimana tempat properti kita dibeli. Setelah datang Anda diharuskan untuk menyerahakan sekian banyak dokumen yang sudah dipersiapkan. Memeriksa kemurnian sertifikat Setelah datang nanti pihak PPAT akan mengecek keabsahan dari sertifikat tanah dan PBB.

Baca Juga : Tips Menentukan Harga Sewa Rumah Ideal

Petugas membutuhkan waktu sejumlah hari guna memeriksan kemurnian dari sertifikat tersebut. Pengecekan tersebut pun untuk meyakinkan apakah properti yang dibeli tidak damlam hal sengketa atau dijaminkan. Penandatangan AJB Setelah melewati proses pemeriksaan sertifikat, langkah berikutnya ialah melakukan penandatanganan.

Proses penandatanganan AJB ini dilaksanakan di kantor PPAT yang dilaksanakan oleh penjaja dan pembeli serta dua orang saksi. Dengan ditandatanganinya AJB tersebut, maka secara sah Anda sudah mempunyai AJB. Biaya Membuat AJB Berapa ongkos untuk menciptakan AJB? Untuk membalas pertanyaan ini butuh Anda ketahui bahwa saat membuat AJB ada sejumlah biaya yang Anda mesti keluarkan. Yaitu Pajak pendapatan (dibayarkan oleh penjual) dengan formula 2,5 % dari Nilai Peralihan/Nilai Transaksi. Dan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dengan formula 2,5% x (nilai transaksi-NPOPTKP). Bagi harga jasa PPAT sendiri sebesar 1% dari total transaksi.