Pakaian Yang Dicari Sewaktu Menjelang Ramadhan

Jurnalharian.id – Di era teknologi seperti ketika ini, masyarakat rasanya paling tak terpisahkan dengan gadget masing-masing. Pemilik gadget atau gawai nyatanya terus mengalami peningkatan seiring masuknya bulan Ramadhan di Indonesia.

Data Google pada Ramadhan 2018 menuliskan, konsumen lebih tidak sedikit menghabiskan masa-masa online di bulan puasa dengan pelbagai aktivitas. Sementara kelompok pencarian yang paling tidak sedikit di-googling sepanjang Ramadhan ialah pakaian dan perjalanan (travel). “Kategori laksana makanan, pakaian, travel, dan keelokan volumenya naik hingga 40 persen daripada rata-rata di bulan-bulan sebelumnya.

Hal ini dirangsang oleh tiga hal utama. Mulai dari pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) oleh semua pemberi kerja, promosi dari brand atau retailer dan momentum selebrasi dari Ramadhan Idul Fitri. “Tiga hal ini menjadi satu dan menciptakan orang semakin tidak sedikit belanja di Bulan Ramadhan,” katanya.

Jaket Dilan sampai baju sabyan Pencarian sejumlah jenis pakaian pun meningkat dikomparasikan jumlah penelusuran di bulan-bulan biasa. Pada Ramadhan tahun lalu, di antara item fesyen yang paling tidak sedikit dicari ialah jaket Dilan atau jaket jeans yang populer sebab film Dilan 1990. Berdasarkan keterangan dari Ariani, penelusuran jaket itu memang terus meningkat semenjak film diluncurkan pada Januari 2018 lantas menanjak pada Februari, Ramadhan 2018 (Juni) bahkan sampai Juli.

Adapun Nissa adalah vokalis grup Sabyan Gambus yang namanya meledak di 2018 lalu, khususnya lewat channel YouTube. Masyarakat tak melulu menyoroti karyanya namun pun gaya berpakaiannya. “Salah satu yang menarik sebab dia bajunya gamis namun fashionable dan kekinian jadi paling relevan dan tidak sedikit digemari anak muda,” ujar Ariani. Dari aksesori, anting hijab pun menjadi salah satu penelusuran tertinggi di Ramadhan tahun lalu. Anting hijab ini adalahbagian dari inovasi aksesori untuk para hijabers yang terus berkembang dari masa-masa ke waktu.

Baca Juga : Batik Di Tengah Sidang DK PBB Asal Dari Mana?

“Anting hijab sama sekali tidak mengindikasikan telinga namun ditempel di hijabnya. Bisa dari luar atau juga dalam,” ucapnya. Sementara itu, Industry Manager Google Indonesia, Regina Prisilia mengatakan, gejala baju Sabyan dan jaket Dilan yang pencarian dua-duanya sama-sama melonjak menyeluruh di Bulan Ramadhan- mengindikasikan bahwa bidang hiburan lumayan kuat dan dapat berimbas pada sekian banyak macam penelusuran bersangkutan lainnya. Termasuk dalam urusan fesyen.

“Jadi tidak melulu musiknya yang jadi bahan percakapan orang Indonesia, bajunya juga,” kata Regina. Menurutnya, tren ramadhan dari tahun ke tahun sebetulnya ingin sama. Misalnya, tidak sedikit mencari hal-hal bersangkutan kegiatan ibadah, pakaian, travel, makanan, dan kecantikan. “Perbedaan melulu terletak pada rinci tertentu. Misalnya, makanan (tahun lalu) salad buah dan es cappuccino cincau. Sekarang tentu detailnya lain dibanding tahun lalu,” katanya.