Obati Depresi Dengan Mendengarkan Musik Sedih

Jurnalharian.id – Ada sebuah penelitian yang telah berhasil menemukan suatu pengetahuan. Adapun yang ditemukan adalah bahwa orang yang depresi cenderung mendengarkan musik yang sedih dan faktanya itu membuat mereka menjadi lebih baik.

Pada bagian pertama yang diuji adalah mencoba untuk mengulangi temuan yang pernah ditemukan sebelumnya pada riset tahun 2015. Ada orang yang mengatakan bahwa orang yang sangat depresi lebih suka mendengarkan alunan lagu yang bersifat mellow.

Dalam riset yang diikuti oleh 68 sukarelawan ini bersedia untuk ikut dalam serangkaian proses uji coba. Seluruh relawan yang ikut dalam uji coba riset ini adalah mahasiswi. Kabarnya lagi hampir sebagian besar dari mereka mengidap atau menderita depresi.

Untuk bagian ini, para relawan diminta untuk terus mendengarkan klik musik sedih. Dimulai dari musik segi karya Jacques Offenback hingga dengan lagu Adagio for Strings dari karya Samuel Barber.

Awalnya para pengidap penyakir depresi ini mengaku lebih suka mendengarkan musik yang sedih dibandingkan yang ceria. Lalu selanjutnya para ilmuwan memberikan klik musik Instrumental baru dengan irama yang bahagian dan juga sedih tentunya. Dilanjutkan dengan meminta para relawan untuk menggambarkan suasana perasaan mereka saat mendengarkan musik tersebut.

Selanjutnya pada riset itu ditemukan bahwa relawan yang depresi tersebut lebih menggemari musik sedih, akan tetapi dari hasil tersebut menyatakan bahwa musik sedih tersebut dapat membuat mereka menjadi lebih ceria atau bahagia.