Mengapa Laut dan Langit Berwarna Biru?

Jurnalharian.id РFakta menariknya adalah bahwa warna langit dan laut sama-sama memiliki warna biru. Maka dari itu tidak heran apabila kedua ini selalu disama-sama kan. Ada informasi lain yang mengatakan bahwa warna dari laut adalah hasil pantulan cahaya dari langit. Namun benarkah hal demikian?

Apabila kita perhatikan lebih lanjut, ketika senja, maka warna dari air laut juga akan menjadi kemerahan atau menjadi warna jingga. Maka dari itu juga dapat dikatakan bahwa warna air laut dan langit itu erat hubungannya namun tidak terkait satu sama lain.

Ahli Fisika dari Universitas Misouri mengatakan bahwa langit yang berwarna biru terjadi karena atmosfer Bumi cenderung menyebarkan cahaya yang panjang lebih besar dibanding gelombang yang panjang. Selain itu warna biru dari matahari juga berserakan ke tempat lain shehingga ketika siang kita akan menemui warna biru pada langin dimanapun.

Ahli fisika tersebut juga mengungkapkan bahwa warna biru yang ada pada laut ini disebabkan oleh air laut yang menyerap pantulan dari sinar matahari. Pada saat cahaya matahari menuju lautan, maka akan ada penyerapan dari air yang menyerap warna gelombang panjang dan cahaya panjang pada gelombang pendek.

Warna Kemerahan Laut saat Senja

Cahaya akan mencapai pada saat matahari terbenam harus melewati berbagai atmosfer di bumi. Dengan asumsi lain bahwa filter atau saringan molekul menjadi lebih banyak sehingga senja yang terjadi sampai ke mata menjadi warna merah.

Itu juga tentunya menjadi jawaban atas awan yang berwarna putih. Partikel pembentuk awal menjadi penyebar cahaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan panjang dari gelombang cahaya yang dilaluinya. Ini berakibat seluruh warna cahaya menjadi tersebar atau kurang dari jumlah yang sama.