Kerja Baru Sebulan Juga Dapat THR Loh!

Jurnalharian.id – Para pekerja atau buruh perusahaan dengan masa kerja yang masih baru tidak perlu merasa khawatir akan THR. Pasalnya setiap pekerja atau buruh yang baru kerja sublan pun sudah bisa mendapatkan THR loh!

Ini telah diatur sebelumnya pada peraturan Mentri Ketenagakerjaan Nomor 6 tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi para pekerja atau buruh di perusahaan. Isinya adalah para pengusaha wajib memberikan THR bagi para pekerja atau buruh yang telah memiliki masa kerja 1 bulan secara terus menerus ataupun lebih. Itu bunyi dari pasal 2 ayat 1.

Di pasal 2 ayat 2 tersebut dijelaskan bahwa THR keagamaan itu diberikan kepada para pekerja atau buruh yang memang memiliki ikatan kerja pada waktu tertentu. Namun untuk besarannya dapat disesuaikan sesuai dengan pasal 3 ayat 1.

Para pekerja yang telah bekerja selama 12 bulan secara terus menerus berhak mendapatkan THR sebesar 1 bulan upah Gaji. Sedangkan untuk yang dibawah 1 bulan berhak mendapatkan secara proporsional sesuai dengan masa kerja pada bulan yang telah dicapai.

Baca Juga : THR Cocok Buat Mudik Ga Ya?

Jadi bagi para pekerja yang tidak mendapatkan hak tersebut bisa menggugat loh kepada hukum di Indonesia. Yuk mari kita turut aktif dalam menjaga perdamaian dan keadilan antar pekerja dengan pemilik perusahaan. Jangan ada yang tidak adil di dalam menjalankan roda perusahaan baik dari pihak pekerja maupun pihak pemberi kerja.

Bagaimana? Apakah sudah jelas? Yuk berikan komentar kamu dibawah ini.