Membandingkan PES 2017 dan FIFA 2017 sebetulnya merupakan hal yang relatif tidak mudah. Banyak sisi yang bisa dinilai. Kira kira bagus yang mana ya?

Dari segi lisensi tentu FIFA lebih diuntungkan. Dari segi Gameplay saya kira PES lebih unggul. FOX Engine bekerja dengan baik di gameplay. Selain gameplay, PES 2017 sangat spesifik dalam memberikan keunikan pada masing masing pemain. Lihat bagaimana Messi seperti di kloning kedalam game PES 2017. Demikian juga cara bermain dan gocekan CR7. Semua hampir mirip dengan aslinya. Konami bekerja keras membandingkan Messi dan CR7 versi game dengan aslinya. Bukan dengan FIFA. Sejujurnya disini kelebihan PES 2017.

PES 2017 juga memiliki pengaturan strategi dan Intelegensi kecerdasan pemain yang lebih maju. Untuk masalah lisensi mungkin banyak patch yang bisa dipakai untuk ngoprek PES 2017 original version. Jadi komunitas patcher sangat menolong satu kekurangan PES 2017 dalam hal lisensi.

Sedikit kurang adil juga, karena penulis memang lebih suka bermain PES 2017. Saya kurang nyaman dengan kapasitas hardisk yang termakan oleh instalasi FIFA 2017. Ya memang karena lisensi klub nya memang komplit dan banyak.  Coba sekarang amati bentuk fisik pemain di FIFA. Semua bentuk badannya hampir sama. Gerakan pemain tertentu yang terkenal luput dari perhatian FIFA. Ciri khas pemain tidak diperhatikan dalam hal cara bermain. Semua sama, kelebihan nya FIFA ada pada detail muka pemain, tapi fail di bentuk badan pemain yang hampir identik.

Namun kenyamanan bermain tentu ada di kompetitor sebelah besutan KONAMI.

Sebetulnya secara detail hardware untuk kedua Game ini akan lancar dengan PC dengan spesifikasi VGA, Memory, dan CPU yang mumpuni. Untuk detail bisa ditengok di official web EA Sport dan Konami.

Jika dilihat dari harga, FIFA 2017 sedikit lebih mahal dari pada PES 2017. Secara scanning random di beberapa situs yang menjual. PES 2017 relatif lebih murah.

>> Kesimpulan: Saya lebih suka dengan PES 2017. Apalagi jika kita bermain dengan console, akan terasa lebih berbeda dibandingkan jika bermain di PC. Secara umum hardware yang digunakan punya spesifikasi yang berdekatan. Dari segi harga, PES 2017 lebih murah.

Comments

comments