Ketika saya ingin menulis artikel. Saya kadang takut ada memory dimana apa yang saya baca secara tidak sadar saya tulis ulang. Ternyata apa yang saya tulis merupakan perulangan konten dari apa yang saya baca. Apabila kita ingin membangun website dan menulis mandiri, bukan perkara mudah lepas dari apa yang disebut literasi dan inspirasi. Memang tidak dilarang. Disitulah makanya ” Ide itu mahal harganya” memang tidak ada yang jual juga kan. Kecuali mereka yang menjadi konsultan branding.

Saya berusaha melakukan cross check tentang apa yang saya tulis di web saya : http://jurnalharian.id/. Ada banyak metode, cara paling mudah adalah cek konten dengan web aplikasi online. Kita googling saja banyak kok online tools itu, banyak akan kita peroleh situs web aplikasi online yang berbayar atau free. Saya beri contoh ya.

  1. http://smallseotools.com/plagiarism-checker/ < disarankan
  2. http://plagiarisma.net/
  3. https://www.plagiarismsoftware.net/
  4. https://www.plagscan.com/plagiarism-check/
  5. http://www.quetext.com/  < disarankan
  6. http://www.duplichecker.com/
  7. http://www.plagium.com/en/plagiarismchecker < disarankan

Silakan pilih yang mana yang agan rasa cocok. Saya suka yang nomor 1. http://smallseotools.com/plagiarism-checker/ karena relatif cepat dan hasilnya memang cukup oke.

Pastikan agan senantiasa peduli dengan konten.Jadilah otentik dan original. Memang tidak mudah, tapi pasti bisa. Catatan kaki, tools diatas berbasis web bisa dijadikan cara mudah melakukan cek, apakah tulisan kita original atau masuk kategori plagiat.

Comments

comments