Belajar bermain gitar bisa dengan berbagai cara. Bisa ikut les gitar. Bisa juga dengan otodidak. Jika kita les kita akan membayar untuk ikut les. Membayar orang untuk melatih kita bermain gitar. Bisa juga kita berlatih otodidak. Masalahnya banyak dari kita belajar gitar dengan menghafal chord lagu dan tidak bisa membaca notasi sebuah komposisi musik atau lagu.

Aplikasi ini didukung oleh library berekstensi gp3, gp5. Bisa kita download di ultimateguitar.com jika ingin berlatih memainkan sebuah lagu. Ada banyak karya artis artis yang sudah disimpan dalam format file yang bisa dimainkan di guitar pro.

Kita bisa membaca partiture tablature dari sebuah komposisi musik, misalnya Metallica Entersadman. Disitu file akan terdiri dari line guitar lead, guitar rhytm, bass, drum. Dengan disisipi lirik di dalam lagu. Disana juga terdapat progresi chord, tempo, dan tanda baca notasi.

Ketika kita klik play. Kita bisa mengikuti line guitar untuk belajar bermain musik. Kita juga bisa atur temponya, kemudian melakukan  perulangan dibagian yang susah dimainkan. Terdapat juga soundbank untuk mencari sound yang cocok untuk track yang kita mainkan. Pergantian instrumen juga bisa kita lakukan lho di program ini.

Banyak materi lagu yang bisa kita pelajari, tapi kebanyakan lagu lagu luar. Kita juga bisa berlatih scale dengan progres chord yang ada.

Guitar pro memiliki platform di MAC, windows, android. Ada juga versi untuk Guitar Pro Education. Software ini cocok untuk belajar musik, terutama instrumen gitar. Juga bisa untuk compose atau melakukan aransemen lagu atau musik.

 

 

Comments

comments