Gimp aplikasi grafis free yang sejujurnya dibuat untuk bekerja di ekosistem linux. Namun seiring waktu berjalan akhirnya Gimp di release untuk bisa berjalan di PC Windows. Aplikasi yang ukurannya relatif kecil. Installer berukuran 73.97MB, cukup cepat kita download dengan koneksi internet 10Mbps Indihome.

Versi terbaru adalah GIMP is 2.8.20 (2017-02-01). Menurut situs resmi nya versi ini adalah versi stabil dan terbaru 2.8.20. The current stable release of GIMP is 2.8.20 (2017-02-01).

Gimp sendiri adalah singkatan dari GNU Manipulation Program, bersifat Free Open Source. GIMP cocok digunakan untuk image manipulation tasks, including photo retouching, image composition, dan image construction. Aplikasi pengolah gambar raster atau bitmap dan program manipulasi gambar yang bisa berjalan di semua platform sistem operasi linux, windows, Mac.

Plusnya GIMP bro:

  1. Berjalan di banyak platfrom seperti Windows, Linux, dan Mac OS.
  2. Aplikasi ini gratis dan ringan untuk digunakan, bisa digunakan di PC dengan spesifikasi yang ramah.
  3. Banyak tools yang bisa dipakai.
  4. Dapat Mengimport / mengeksport gambar / foto ke ekstensi SVG.
  5. Mampu menghasilkan gambar animasi.
  6. Gambar atau foto mampu disimpan dan ditampilkan dari berbagai macam format file.
  7. Edit layer teks menjadi mudah

Minusnya GIMP bro:

  1. Hanya mendukung 8 bits per-channel (Photoshop mendukung 64 bit per-channel).
  2. Plug-in yang tersedia relatif sedikit.
  3. Filter / efek-efeknya tidak selengkap Photoshop.
  4. Untuk industri grafis dan bidang lainnya, aplikasi berbayar seperti photoshop dkk lebih produktif dan sering digunakan.

>>>>> Kesimpulan: GIMP menjadi solusi murah untuk kita supaya dapat memanipulasi gambar atau foto kita. Menjadi alternatif pilihan cerdas untuk yang anti mainstraim. <<<<<<

Comments

comments